• Berita, Kegiatan Pimpinan Daerah, Trending Topik ini ditulis pada 24 February 2022 oleh admin

     

    Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih Mas kembali menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kampung di Kecamatan Gunung Tabur yang dilaksnakan di Pendopo Kecamatan Gunung Tabur, pada Selasa (22/2).

    Bupati, Hj Sri Juniarsih saat membuka kegiatan tersebut meminta seluruh stake holder mulai dari tingkat pemerintah kampung, kecamatan hingga organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun program kerja atau usulan mengacu kepada program strategis pemerintah daerah.

    Sebagai perpanjangan tangan di kecamatan, para Camat diminta memastikan kepala desa di wilayahnya untuk mengatur usulan agar sesuai dengan program strategis bupati dan wakil bupati. Juga kepada para pendamping Sigap Sejahtera agar melakukan pendampingan kepada kepala kampung agar dalam menjalan tugasnya tidak menyalahi aturan.

    “Akibat pandemi Covid-19, anggaran kita memang berkurang, namun jika diatur dengan baik maka anggaran itu mampu untuk mewujudkan Berau maju dan sejahtera, intinya agar masyarakat senang,” ujarnya.

    Dia berharap Musrenbang yang rutin dilakukan setiap tahunnya tidak dimaknai rutinitas seremonial saja tapi harus dijadikan momen untuk bersinergi merencanakan program kerja.

    Bupati juga berpesan kepada para kepala kampung sekalian bahwa arah pembangunan jangan sampai dimaknai sebagai pembangunan infrastruktur saja tetapi juga harus menyentuh aspek pemberdayaan sumber daya manusia (SDM). Karena tidak mungkin infrastruktur bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, ketika tidak ada sumber daya yang bisa memanfaatkan infrastruktur tersebut. Jadi antara infrastruktur dan sumber daya manusia itu harus seimbang.

    Lebih lanjut Bupati mengatakan, kedepan agar program kerja tersebut yang disampaikan mengacu pada 18 program strategis Bupati dan Wakil Bupati. Menurutnya program tersebut adalah supaya rakyat senang. “Tugas kita sebagai Bupati, Lurah atau kepala kampung adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga program-program yang ada itu hendaknya bersinergi dengan 18 program strategis Bupati dan Wakil Bupati,” tegasnya.

    Masalah infrastruktur jalan serta pemenuhan kebutuhan listrik, masih menjadi usulan prioritas beberapa kampung di kecamatan Gunung Tabur. Selain itu, beberapa kampung di Kecamatan Gunung Tabur juga mengusulkan pembangunan saluran irigasi untuk menanggulangi banjir akibat hujan terus menerus beberapa hari ini dan peningkatan jalan usaha tani.

    Seperti yang disampaikan Kepala Kampung Tasuk. Ditegaskan, usulan jembatan, peningkatan jalan dan sambungan listrik tidak bisa diakomodasi melalui Alokasi Dana Kampung (ADK).

    Selain itu mengenai listrik, juga diusulkan Kepala Kampung Samburakat dan kepala Kampung Sambakungan yang juga mengusulkan pembuatan lapangan sepak bola. Meskipun sudah ada pemancangan dan jaringan, namun listrik dari PLN tak kunjung masuk.

    Menanggapi banjir, Kapala Bapalitbang, Nanang Bakran mengatakan, banjir ini berkaitan dengan fenomena alam yang memang hujan extrim, faktor lain banyaknya proyek perumahan dibuka, sementara jenis tanah mudah larut, sementata tidak ada penahan. “Untuk menanggulanginya, kita akan koordinasikan dengan DPUPR dan pihak pengusaha perumahan untuk membuat penahan lumpur,” katanya.

    Sementara mengenai listrik, Bupati, Hj Sri Juniarsih juga mengundang Manager PT PLN wilayah Berau untuk menjawab permasalahan tersebut dan memberikan solusi agar 100% kampung di Berau teralori listrik. Diketahui berdasarkan data PLN masih sekitar 27% kampung yang belum menikmati penerangan lampu PLN dan ditargetkan pada tahun 2024 semua kampung akan menikmati fasilitas listrik PLN.

    Bupati berharap, masyarakat bisa bersabar karena program listrik merupakan program prioritas dan menjadi salah satu fokus Pemkab Berau.

    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini206
    Pengunjung Kemarin481
    Pengunjung Minggu ini3109
    Pengunjung Bulan ini6232
    Pengunjung Total468792

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain