• Berita, Kegiatan Pimpinan Daerah, Trending Topik ini ditulis pada 30 June 2021 oleh admin

    Resiko Tertinggi Adalah Kebakaran Hutan
    Bupati Berau, H Juniarsih hadiri Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kabụpaten Berau Tahun 2021 sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara, di Lapangan Gedung Olahraga (Gor) Pemuda, pada Selasa (29/6).
    Pada apel yang dikomandani Danramil 0902-05/Sambaliung, Kapten Arm Rustan Attas tersebut, hadir pula Wakil Bupati Berau, H Gamalis, Ketua DPRD Berau, Madri Pani, Kapolres Berau, AKBP Anggoro Wicaksono SH, Dandim 0902/Trd, Letkol Inf Fardin Wardhana, Kepala Kejaksaan Negeri Berau, Nislianudin, SH, Danskadron 13/Serbu, Letkol Cpn M.Taufik Asikin, Asisten I, M Hendratno, Kepala BPBD Berau, H Thamrin, Kepala Satpol PP (H. Iramsyah, Kepala DLHK, Sujadi, Plt. Kepala Badan Kesbangpol, Hj Rabiatul Islamiah, Para Kapolsek, dan Para Camat Sekabupaten Berau, serta Tamu undangan lainnya.
    Dalam amanatnya, Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih, mengatakan bahwa berdasarkan hasil Kajian, resiko bencana yang dimiliki Kabupaten Berau, indeks risiko tertinggi adalah bencana kebakaran hutan, berdasarkan kejadian-kejadian bencana beberapa tahun terakhir.
    Dikatakannya, berdasarkan pantauan titik panas sepanjang Januari hingga Juni 2021, diketahui telah terjadi tren kenaikan jumlah titik panas setiap bulannya. Adapun, saat ini titik panas yang terpantau sebanyak 104 titik. “Menjelang musim kemarau seperti sekarang, kita harus mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang bisa saja terjadi,”katanya. Untuk itu, lanjutnya kita harus betul-betul siap siaga menjaga dan mengamankan kawasan hutan.
    Lebih lanjut ia memaparkan, terdapat beberapa poin utama dalam arahan Presiden saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021, diantaranya:
    1). Upaya pencegahan harus diprioritaskan.
    2). Infrastruktur pemantauan dan pengawasan harus sampai di tingkat bawah dengan melibatkan semua unsur pemerintahan serta TNI dan Polri, dan kepala desa/tokoh agama/tokoh masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan pemberian edukasi.
    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini644
    Pengunjung Kemarin700
    Pengunjung Minggu ini5931
    Pengunjung Bulan ini16913
    Pengunjung Total343713

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain