• Berita, Kegiatan Pimpinan Daerah, Trending Topik ini ditulis pada 11 June 2021 oleh admin

    Kampung Merasa di Kecamatan Kelay tidak hanya populer dengan wisata budaya dan alamnya saja.
    Meski berada diwilayah pedalaman, tanah dikampung ini memiliki berkah kesuburan bagi komoditas perkebunan Kakao unggulan di Kalimantan Timur, hingga menembus pasar ekspor.
    Keunggulan komoditas Kakao di kampung ini pun sudah tercatat pada seleksi Indonesian National Cocoa Of Excellence pada Januari 2021 lalu, masuk di delapan besar dari 58 Kabupaten/ Kota Se Indonesia.
    Tahun ini, Internal Control Sistem (ICS) Petani Kakao Kampung Merasa mengirim produk kakao hasil fermentasi dengan total 300 Kilogram ke Bali dan Jerman, secara simbolis dilepas oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih dan Wabup H. Gamalis pada rangkaian acara Hari Lapang Petani Kakao, Kamis (10/06/21) siang tadi.
    Sri Juniarsih memberikan apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan petani dengan membuahkan hasil yang maksimal, dengan adanya pendampingan dari YKAN dan Kalimajari.
    Menurutnya, tentu hal ini sejalan dengan program kerja pemerintah daerah untuk mewujudkan hilirisasi produk perkebunan, yang mampu meningkatkan pendapatan para petani.
    Untuk itu harapannya, para petani dan setiap OPD dapat membangun sinergitas yang berkelanjutan agar dapat memaksimalkan hasil komoditas unggulan kampung.
    Seperti mendukung adanya bantuan yang sangat dibutuhkan petani selama ini. Namun disisi lain menurutnya, petani juga harus berinovasi agar menciptakan kakao ini sebagai produk unggulan.
    Karena selain dikenal sebagai desa wisata, kampung ini juga memiliki souvenir atau minuman khas Kakao olahan yang dapat dipromosikan kepada wisatawan atau pengunjung ketika berada disini. (Tim/ Diskominfoberau)
    Foto/ Video : Diskominfoberau
    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini118
    Pengunjung Kemarin847
    Pengunjung Minggu ini5308
    Pengunjung Bulan ini24169
    Pengunjung Total298549

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain