• Berita, Kegiatan Pimpinan Daerah, Trending Topik ini ditulis pada 16 April 2021 oleh admin

    Bupati Berau, Hj Juniarsih didampingi Wakil Bupati Berau, H Gamalis mengikuti rapat Koordinas Kepala (Rakor) Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 secara daring di Balai Mufakat, pada Rabu (14/4).
    Rakor yang diawali pengarahan dari Presiden RI, Joko Widodo tersebut dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting dan juga diikuti Kepala Balitbang, Agus Wahyudi serta Forkofimda.
    Dalam arahannya, Presiden RI, Joko Widodo mengingatkan agar anggaran yang telah disalurkan ke daerah dikonsentrasikan kepada kebutuhan prioritas di daerah masing-masing, sehingga hasilnya bisa dilihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Hati-hati ya, usahakan agar belanja pembangunan, belanja modal itu lebih besar dari belanja aparatur, kalau sudah ketemu belanja pembangunan, belanja modal jangan sampai yang namanya anggaran itu dibagi rata ke masing-masing unit atau ke masing-masing dinas,” katanya.
    Lebih lanjut Jokowi mengimbau, agar penggunaan anggaran 60 persennya digunakan untuk kebutuhan prioritas, sisanya harulah dibagi ke unit-unit yang lain. Kemudian pada anggaran berikutnya, anggarkan untuk pembangunan lain yang lebih prioritas, fokus dulu pada yang prioritas.
    Menurut Jokowi, jika anggaran tiap tahun dibagi rata ke setiap dinas, maka setiap tahun anggaran belanja akan tidak ada baunya sama sekali, alias tidak dirasakan manfaatannya oleh rakyat. “Hati-hati dengan ini karena anggaran APBD bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerah Bapak-Ibu semuanya, sehingga 5 tahun menjabat bisa dirasakan oleh masyarakat hasil kepemimpinan bapak ibu dan saudara sekalian,” katanya.
    Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini negara tengah sibuk mempercepat recovery kesehatan dan recovery ekonomi pemulihan kesehatan, keduanya harus berjalan. Selain itu ia juga mengingatkan, meskipun kasus Covid-19 di suatu daerah mengalami penurunan, pencegahan penyebaran covid harus tetap diperhatikan. “Pencegahan Covid-19 tetap menjadi prioritas, penanganan pasien yang terkena kasus covid harus terus dilakukan secara konsisten,” tegasnya.
    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini227
    Pengunjung Kemarin492
    Pengunjung Minggu ini2891
    Pengunjung Bulan ini7156
    Pengunjung Total244784

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain