• Berita, Kegiatan Pimpinan Daerah, Trending Topik ini ditulis pada 12 April 2021 oleh admin

    Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, melakukan panen perdana budidaya Ikan Lele milik Kelompok Dasawisma Sedap Malam, berlokasi di RT 17 Kelurahan Gunung Panjang (9/4/21) Jumat, pagi tadi.
    Sri Juniarsih dalam sambutannya menyampaikan rasa salut atas inovasi yang telah dikembangkan oleh kelompok dasawisma ini.
    Menurutnya, ada tiga aspek penting yang dihasilkan dalam budidaya ini. Yang pertama, mampu memberdayakan masyarakat, menyehatkan kembali ekonomi ditengah pandemi.
    Serta membantu peran pemerintah dalam mensosialisasikan gemar makan ikan untuk tumbuh kembang dan kecerdasan bagi anak maupun orang dewasa.
    ” harapan saya ini dapat menjadi contoh dasawisma lainnya, agar dapat memacu potensinya dalam mengembangkan masing-masing daerahnya, ” katanya.
    Dijelaskannya, Dasawisma adalah salah satu ujung tombak dari PKK yang merupakan mitra pemerintah daerah. Harapannya, kelompok Dasawisma yang tersebar disegala kecamatan tidak hanya fokus pada penangkaran ikan maupun menanam tanaman.
    Tetapi harus jeli melihat potensi yang ada sebagai peluang ekonomi. Salah satunya dengan mengolah berbagai produk yang bisa dijual kemasyarakatan dan menjadi unggulan disetiap kecamatan.
    ” Contohnya seperti disini, potensi rawa yang bisa dibuat sebagai tempat pemancingan, dengan desain yang menarik, tentu ini akan menjadi nilai tambah ekonomi,” jelasnya.
    Dalam laporannya, Lurah Gunung Panjang, Toto Marjito mengungkapkan, Dasawisama Sedap Malam ini terbentuk pada 20 Juni 2020.
    Dalam kurun waktu tersebut, pihaknya juga telah melaksanakan konsolidasi dalam menangkap peluang, seperti mengembangkan budidaya Ikan Lele, dengan membangun
    sinergitas bersama Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Berau.
    ” Di Kelurahan Gunung Panjang, kami sudah membentuk 45 Dasawisma, 38 diantaranya telah memiliki SK. Kami berharap, program yang ada di Kelurahan ini dapat diberikan dukungan oleh pemerintah daerah, ” ungkapnya. (Tim/Btv/Diskominfoberau)
    Foto Dok : Ist
    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini217
    Pengunjung Kemarin492
    Pengunjung Minggu ini2881
    Pengunjung Bulan ini7146
    Pengunjung Total244774

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain