Inspektorat Berau Gelar Rapat Fasilitasi Koordinasi Penurunan Emisi GRK oleh BPKP

Inspektorat Berau Gelar Rapat Fasilitasi Koordinasi Penurunan Emisi GRK oleh BPKP

Inspektorat Daerah Kabupaten Berau menyelenggarakan  Rapat Fasilitasi Pelaksanaan Pengumpulan Data Oleh BPKP Pusat Strategi Kebijakan

Pengawasan Hal Pendalaman Isu Strategis Kebijakan Tata Kelola Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di Kabupaten Berau, bertempat di ruang rapat Inspektorat Daerah Berau, pada Selasa (2/7/2024).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Inspektur Inspektorat Daerah Berau, Ir. H. Riza Fahmi itu menghadirkan Rury Hanasri dari Putrajakwas BPKP dan Hasbul, Kabid Ekonomi Bapelitbang Berau. Diharapkan dengan rapat yang juga dihadiri lintas OPD di lingkungan Pemkab Berau ini, adanya penyamaan presepsi bersama terhadap dampak perubahan iklim yang akan berpengaruh terhadap penurunan emisi gas rumah kaca

Rury Hanasari dalam pemaparannga mengatakan, kegiatan ini cukup strategis, dalam rangka menemukenali permasalahan dan isu-isu strategis yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan. Terutama isu-isu terkait perubahan iklim yang melanda hampir sebagian besar belahan dunia, seperti bencana banjir, longsor, kekeringan, dan kelaparan. Melalui rapat koordinasi ini diharapkan Pokja Kab Berau dan Pemkab Berau secara aktif melakukan pelaporan, melalui aplikasi AKSARA yang telah disediakan oleh Bappenas.

Rury menjelasakan tentang Kebijakan dan Strategi dalam Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca, Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim untuk Mendorong Ekonomi Hijau.

Lalu dilanjutkan Pemaparan Materi oleh Hasbul, yang menjelaskan tentang Kontribusi Pemkab Berau dalam Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Kegiatan pun berlangsung khitmad dan aktif, diakhiri dengan sesi diskusi antara pemateri dan peserta.