Bupati Terima Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Bupati Terima Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Berharap Tidak Hanya Simbolis, Tapi Bisa Kurangi Angka Kemiskinan (Sub)

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menerima penghargaan sebagai kepala daerah pendukung pengelolaan zakat terbaik dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI yang diserahkan oleh Baznas Berau pada moment Berau berzakat, di Balai Mufakat, pada Kamis (28/3/2024).

Pada hajatan tahunan setiap Ramadhan yang dihadiri Pejabat Teras di Lingkungan Pemkab Berau, Kepala OPD, Perwakilan Perusahaan,  ASN, dan mustahiq tersebut, Bupati mengajak seluruh masyarakat muslim di Bumi Batiwakkal untuk menunaikan kewajiban berzakat. Selain menjadi kewajiban, pembayaran zakat ini juga untuk membantu mengurangi angka kemiskinan di Bumi Batiwakkal.

Selain itu, menurutnya zakat juga sangat penting untuk dikeluarkan untuk mensucikan harta. "Rezki atau harta kita tidak akan mendapat masalah dan juatru akan berkah, karena zakat juga bermakna mensucikan"katanya.

Pemkab Berau, lanjutnya, akan mendukung setiap program yang tujuannya memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Terutama dengan diresmikannya rumah sehat untuk para mustahiq, Bupati mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi program tersebut. Menyindir penghargaan yang telah diraih, ia berharap bukan hanya simbolis. Tapi benar-benar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Berau, untuk mengurangi angka kemiskinan.

Bupati menegaskan, Pemkab Berau di bawah kepemimpinannya berkomitmen penuh dalam pengawasan pembayaran zakat ini, sehingga hasil yang diproleh nantinya maksimal dan dapat disalurkan kepada para mustahiq.

Sementara Wakil Ketua BAZNAS Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan, Dawami Buchori menyampaikan, total zakat yang terkumpul saat ini senilai Rp1,5 miliar. Sementara pada tahun 2023 lalu penerimaan ZIS mencapai Rp14 miliar. Dengan rincian, zakat mal ASN, perorangan, dan badan senilai Rp4,7 miliar dan infaq senilai Rp9,2 miliar.

"Saat ini telah tersalurkan Rp13 miliar melalui lima program BAZNAS. Kami juga sampaikan bahwa Bupati Berau mendapatkan penghargaan sebagai kepa daerah pendukung zakat terbaik pada BAZNAS Award beberapa waktu lalu," ungkapnya.