• Berita, Kegiatan Pimpinan Daerah, Trending Topik ini ditulis pada 29 June 2020 oleh admin

    Kabupaten Berau masuk dalam 8 kabupaten/kota Se Kaltim yang mengikuti lomba perpustakaan sekolah dan kampung. Lomba ini digelar setiap tahun oleh provinsi Kalimantan Timur, untuk melihat seberapa jauh pengembangan, manajemen dan program inovasi yang dilakukan perpustakaan untuk masyarakat dan pelajar dilingkungan sekolah.
    Mewakili daerah, ada empat perpustakaan sekolah dan kampung yang akan dinilai oleh tim juri dari tingkat provinsi. Dua untuk tingkat sekolah diwakili dari SMA 2 dan SMA 4 Berau, sedangkan untuk perpus tingkat kampung diwakili oleh Kampung Pegat Bukur dan Talisayan.
    Sebagai Duta Perpustakaan Sri Juniarsih Muharram menyampaikan rasa bangganya, bahwa tahun ini Berau masuk dan ikut mewakili daerah dalam lomba ini. Besar harapannya ini akan memacu semangat para pengelola perpustakaan untuk dapat meningkatkan lagi program dan inovasinya setiap tahun. Hal tersebut disampaikannya pada acara penilaian perpustakaan kampung (29/06/20) tadi pagi di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan.
    Kepala Bidang Pengembangan dan Perpustakaan Prov Kaltim Dra. Hj. Mustika Wati menjelaskan, lomba perpustakaan sekolah ini berdasarkan instrument ada 10 komponen yang harus dilengkapi. Seperti data pendukung yang dapat dilihat apakah terkelola dengan baik apa belum. Dan menurutnya, perpustakaan diera digitalisasi ini harus menggunakan aplikasi, sehingga mempermudah mencari bahan bacaan. “ ini salah satu komponen yang harus dipenuhi, dan tentu saja masuk penilaian,”jelasnya.
    Diungkapkanya, tiga tahun lalu Berau mewakili tingkat nasional, dan tahun inipun harapannya daerah yang dikenal dengan motto Sanggam harus dapat kembali meningkatkan prestasinya khususnya untuk lomba ini.
    Ia melanjutkan, perpustakaan dikelola bukan hanya mengandalkan koleksi saja, tetapi sudah beralih dengan berbasis inklusi, maksudnya bahwa bahan bacaan juga dapat mempengaruhi tingkat taraf hidup masyarakat yang berada disekitar perpustakaan, ini yang lebih diutamakan. “ ini juga masuk penilaian, sebagai bentuk inovasi,”ungkapnya.
    Diakhir acara, secara khusus Sri Juniarsih Muharram menyerahkan cinderamata kepada Dra. Hj Mustika Wati bersama beberapa tim juri yang akan segera melakukan penilaian lomba.
    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Galeri Video

    Arsip Video »
    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini226
    Pengunjung Kemarin296
    Pengunjung Minggu ini2402
    Pengunjung Bulan ini1437
    Pengunjung Total109434

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain