• Berita ini ditulis pada 22 January 2018 oleh admin

    PROKAL.COTANJUNG REDEB – Bupati Berau Muharram membuka sekaligus meresmikan program Zakat Community Development (ZCD) di Kampung Pegat Batumbuk, Kecamatan Pulau Derawan.

    Program ini merupakan inisiatif Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Berau bekerjasama Baznas Kaltim dalam pengembangan kampung nelayan menjadi kampung mandiri melalui pengolahan penjernihan air laut menjadi air bersih.

    Ketua Baznas Kaltim, Fachrul Ghazi menjelaskan, program yang dilaksanakan ini merupakan bagian peningkatan kualitas masyarakat kaum duafa menyangkut aspek kesehatan dan ekonomi. Program ini diharapkan dapat membantu peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

    “Ini merupakan wujud riil dalam pemanfaatan zakat, infaq dan sedekah,” ujarnya.

    Kabag PU Kanwil Kementerian Agama Kaltim, Abdul Hamid menambahkan, potensi zakat di Kaltim sangat besar mencapai Rp 12 triliun, namun saat ini baru terkumpul Rp 50 miliar. Ia berharap ke depan potensi ini bisa dimaksimalkan serta pengelolaannya dilakukan secara kreatif dan inovatif yang diaplikasikan dalam pemberdayaan kaum duafa.

    “Program ini akan membantu masyarakat, tidak lagi membeli air ke tempat yang jauh dan mahal,” katanya.

    Sementara Perwakilan Baznas RI, Emi mengapresiasi terselenggaranya program tersebut. Program ini bisa membantu masyarakat dalam menikmati zakat. “Khusus di Berau, potensi zakat yang pengumpulannya mencapai Rp 7,9 miliar. Dari angka tersebut, 80 persen harus disalurkan sehingga dapat dirasakan seluruh masyarakat khususnya kaum duafa,” ungkapnya.

    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Agenda Kegiatan
    Arsip Agenda »
    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini31
    Pengunjung Kemarin216
    Pengunjung Minggu ini643
    Pengunjung Bulan ini1594
    Pengunjung Total3724

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain