• Berita, Trending Topik ini ditulis pada 22 January 2018 oleh admin

    PROKAL.COTANJUNG REDEB – Alokasi Dana Desa (ADD) yang berasal dari Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini bakal mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya.

    Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Berau, Ilyas Natsir.

    Ilyas mengatakan, awalnya ia sempat merasa pesimistis jika ADD dari Pemerintah Pusat bakal mengalami peningkatan. Pasalnya, Pemerintah Pusat hingga kini belum memberikan penambahan Dana Bagi Hasil (DBH) kepada pemerintah daerah.

    “Informasinya memang begitu (meningkat), Kabupaten Berau bakal mendapatkan kucuran dana mencapai Rp 90 miliar lebih untuk alokasi dana desa 2018. Ada perubahan nominal dibandingkan 2017 lalu yang hanya Rp 80 miliar lebih,” ungkapnya.

    Untuk diketahui bersama, tahun ini tercatat ada 100 kampung yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Berau mendapat penambahan ADD menjadi Rp 90 miliar.

    Dengan bertambahnya ADD ini, kata Ilyas, cukup membantu menutupi kekurangan Alokasi Dana Kampung (ADK) yang bersumber dari APBD Berau. Tahun anggaran 2018, ADK yang ditetapkan pada November 2017 berkurang Rp 81 miliar, sebagai dampak menurunnya DBH dari pemerintah pusat.

    “Sebelumnya, pada tahun 2017, Pemkab Berau mengalokasikan ADK untuk 100 kampung sebesar Rp 225 miliar menjadi Rp 144 miliar pada tahun ini,” katanya.

    Bagikan Tulisan Ini :

    Comments

    comments



    Agenda Kegiatan
    Arsip Agenda »
    Jajak Pendapat
    • Bagaimana desain tampilan baru website ini?

      View Results

      Loading ... Loading ...
    Statistik Pengunjung
    Pengunjung Hari ini26
    Pengunjung Kemarin216
    Pengunjung Minggu ini638
    Pengunjung Bulan ini1589
    Pengunjung Total3719

    Profil

    Informasi

    Layanan

    Infrastruktur

    Lain Lain